2 Materi
Pengertian analisis laporan kinerja.
Permasalahan anggaran tidak sama dengan realisasi. Analsis
selisih secara keseluruhan.Contoh penyebab analisis selisih.Kerangka kerja
analisis selisih.Analisis selisih dalam praktek.Keterbatasan analisis
selisih.Paradigma manajemen lama dan baru.
Kebanyakan
perusahaan membuat analisis
bulanan antara pendapatan
dengan pengeluaran aktual dan anggaran untuk setiap unit bisnis dan
keseluruhan organisasi
3 Pengertian laporan
kinerja
Laporan Kinerja (performance report) adalah laporan yang umumnya
disajikan setiap periode (bulan) dan mengikuti bentuk yang sudah distandarisasi
yangdirancang secara kusus untuk mempermudah manajemen melakukan pengendalian
intern.Ciri khas dari sebuah laporan pelaksanaan adalah bahwa laporan
pelaksanaan dapat menunjukkan varian antara hasil sesungguhnya dan standar yang
dianggarkan serta menunjukkan varian yang signifikan yang perlu diteliti secara
seksama.
4 Beberapa kemungkinan
yang harus dipertimbangkan dalam menilai dan meneliti suatu varians untuk
menentukan penyebabnya, adalah:Varians tidak materiil.Varians
disebabkan pelaporan.Varians disebabkan keputusan manajemen tertentu.Varians
disebabkan faktor yang tidak dapat dikendalikan tetapi dapat ditentukan.
5 Beberapa
cara menyelidiki varians untuk menentukan penyebabnya:
Musyawarah dengan pengawas.Menganalisa suatu kerjaObservasi
langsung ke lapanganPemeriksaan oleh akuntanAnalisa varian
6 Kegunaan analisa
varians:
Untuk menyelidiki varians antara hasil sesungguhnya pada periode
berjalan dan sebelumnya.Untuk menyelidiki varians antara hasil sesungguhnya dan
biaya standar.Untuk menyelidiki varians hasil sesungguhnya dengan tujuan yang
direncanakan.
7 Analisis
varian sering dilakukan dalam keadaan:
Analisa varians antara hasil actual periode berjalan dengan
hasil actual periode sebelumnya dimana sebagai dasar acuan.Analisa varians
antara hasil actual dengan biaya standard. Biaya standar sebagai dasar
acuan.Analisa varian antara hasil actual dengan sasaran yang direncanakan.
8 Permasalahan
anggaran tidak sama dengan realisasi
Perencanaan tidak matang, ditandai dengan:Pendekatan
tidak bottom upTingginya revisi anggaranPenetapan target keuangan masih
bersifat formatifAlokasi anggaran masih terkonsentrasi.Permasalahan
peraturan.Proses finalisasi yang memakan waktu.Belum ada sistem dalam
sistem/mekanisme pengendalian untuk realisasi anggaran.
9 Analsis
selisih secara keseluruhan
Merupakan sekumpulan kegiatan, aktivitas dan proses yang saling
berkaitan untuk memecahkan masalah atau memecahkan komponen menjadi lebih
detail dan digabungkan kembali lalu ditarik kesimpulan.Kegiatannya seperti
mengorganisasikan data, mengelompokkan data, mengklasifikasi data, memaparkan
data dan menarik kesimpulan dari keseluruhan data tersebut.Bentuk dari kegiatan
analisa salah satunya yaitu merangkum data mentah menjadi sebuah informasi yang
bisa disampaikan ke khalayak.Segala macam bentuk analisis menggambarkan
pola-pola yg konsisten di dalam data, sehingga hasil analisa dpt dipelajari dan
diterjemahkan dgn singkat dan penuh makna.
10 Contoh
penyebab analisis selisih ½
Bahan baku: Selisih harga bahan baku, Selisih efisiensi bahan
baku.Upah langsung: Selisih tingkat upah.Biaya overhead: Selisih budget,
kapasitas dll.Varian harga jual: selisih antara harga jual sesungguhnya dan
harga jual yang dianggarkan dikalikan penjualan sesungguhnya.Varian kuantitas
penjualan: selisih antara penjualan sesungguhnya dengan yang dianggarkan,
dikalikan harga jual yang dianggarkan.Varian harga beli: varian antara rata
rata harga beli sesungguhnya dan rata rata harga beli dianggarkan, dikalikan
volume pembelian sesungguhnya.
11 Contoh
penyebab analisis selisih 2/2
Varian pemakaian bahan baku: varian antara kuantitas standar
bahan baku dipakai dg kuantitas sesungguhnya, bahan baku yang dipakai dikalikan
dg harga standar bahan baku per satuan.Varian kuantitas pembelian: varian
antara volume pembelian yg sesungguhnya dan volume pembelian yg dianggarkan
dikalikan rata rata harga beli yang dianggarkan.Varian efisiensi tenaga kerja:
varian antara jumlah jam kerja langsung yg sesungguhnya dikerjakan dan jumlah
jam kerja langsung standar yg diperkenankan, dikalikan upah standard.Varian
pengeluaran: perbedaan yang disebabkan oleh pengeluaran yang lebih kecil dari
yang dianggarkan.
12 Kerangka
kerja utk melakukan analisis selisih yang terjadi menggunakan ide-ide sbb:
Menentukan faktor penyebab kunci yang mempengaruhi laba.Pecah
seluruh selisih laba berdasarkan faktor-faktor kunci penyebab selisih
tersebut.Memfokuskan pada pengaruh laba dari selisih yang disebabkan oleh
masing-masing faktor penyebab.Berusaha menghitung pengaruh yang
spesifik.Menambah kompleksitas secara berurutan.Menghentikan proses apabila
penambahan kompleksitas pada tingkatan tertentu tidak menambah kejelasan
mengenai faktor-faktor yang mendasari selisih laba secara keseluruhan.
13 Analisis selisih
dalam praktek
Beberapa hal yang menyebabkan perbedaan dalam
praktek:Perbandingan periode waktuMemfokuskan pada laba kotorStandar
evaluasiFull Cost System
14 Keterbatasan
analisis selisih
Tidak menjelaskan alasan terjadinya selisih dan tidak
menjelaskan tindakan yang perlu dilakukan sebagai tindak lanjutnya.Tidak
memberikan penjelasan apakah selisih yang terjadi tersebut penting atau
tidak.Penyeimbang selisih akan membingungkan pembaca laporan.Manajer menjadi
lebih tergantung pada keterangan & ramalan.Hanya menunjukkan apa yang telah
terjadi, tidak menunjukkan apa pengaruh dimasa mendatang terhadap tindakan yang
telah dilakukan manajer.
15 Paradigma
manajemen lama dan baru
Paradigma dan teori manajemen lama dilandasi konsep kapitalisme
yang materialistik dalam pencapaian kinerja paling optimal.Paradigma dan teori
manajemen baru dilandasi konsep bahwa semangat dan perilaku dari anggotanya
yang cerdas, memiliki jejaring kerjasama luas, serta bersikap dan berperilaku
etik secara konsisten pada waktu menjalankan kegiatan kerja dan usaha untuk
pencapaian kinerja yang optimal.
0 Komentar