Cara Membuat Tutorial Berlangganan

Subscribe via Email

Kepala Silinder Sepeda Motor

 

KEPALA SILINDER (HEAD CYLINDER) SEPEDA MOTOR



Kepala silinder (Cylinder head) merupakan salah satu komponen utama mesin yang terpasang pada blok silinder dan disambung menggunakan baut. Kepala silinder tahan terhadap temperatur dan tekanan yang tinggi selama engine bekerja. Oleh sebab itu kepala silinder dibuat dari bahan besi tuang.

Pada saat ini banyak mesin (engine) yang kepala silindernya terbuat dari bahan paduan aluminium. Kepala silinder yang terbuat dari bahan paduan Aluminium memiliki kemampuan tahan temperatur tinggi dan pendinginan lebih besar di Banding dengan yang terbuat dari besi tuang.

Fungsi dari kepala silinder diantaranya :

  1. Sebagai tempat pembakaran (ruang bakar)
  2. Sebagai tempat kelengkapan mekanisme katup
  3. Saluran pemasukan
  4. Saluran pembuangan
  5. Tempat pemasangan busi.
  6. Tempat water jacket (Mantel pendingin

Mekanisme katup pada kepala silinder terdiri dari beberapa komponen, seperti :

a. katup, 

b. spring, 

c. valve guide,

d. valve seat, 

e. dan lain sebagainya. 

Ada beberapa macam mekanisme katup yang digunakan pada sepeda motor dan mobil saat ini, seperti ohv, ohc, dohc dan lain sebagainya.


Fungsi dari komponen-komponen dari kepela silinder (cylinder head) adalah sebagai berikut :

  • Spark plug (Busi) berfungsi Untuk menghasilkan percikan bunga api yang dibutuhkan untuk membakar campuran udara dan bahan bakar di ruang bakar.
  • Adjusting shim: penyetel celah katup
  • Valve guide: sebagai penghantar gerakan katup
  • Gasket:(paking) berfungsi sebagai perapat antara kepala silinder dan block silinder, untuk menghindari kebocoran.
  • Water jacket berfungsi sebagai saluran air pendingin yang berfungsi mendinginkan komponen komponen mesin.
  • Cylinder block: untuk tempat pembakaran/tempat bekerjanya.
  • Valve lifter: disebut juga pengangkat katup
  • Exhaust valve (katup buang) berfungsi untuk menutup dan membuka saluran gas buang (exhaust manifold).
  • Intake valve (Katup isap) : untuk membuka dan menutup saluran masuk bahan bakar dan udara  (Intake Manifold). Katup isap mempunyai ukuran yang  lebih besar daripada katup buang.
  • Piston (Torak) : untuk merubah tenaga panas menjadi tenaga mekanik
  • Combustion chamber (Ruang Bakar) sebagai tempat atau ruang pembakaran
  • Valve seat berfungsi sebagai  dudukan kepala katup
  • Oil seal  berfungsi sebagai perapat oli agar oli tidak masuk ke ruang bakar.
  • Valve keepers berfungsi sebagai pengunci antara katup dengan pegas katup.
  • To exhaust manifold : berhubungan dengan exhaust manifold engine
  • To intake manifold : berhubungan dengan intake manifold.

Posting Komentar

0 Komentar