Cara Membuat Tutorial Berlangganan

Subscribe via Email

AKTIVITAS MANDIRI 2 (TUGAS)

 


Transmisi Sepeda Motor

Sistem transmisi merupakan sistem yang berfungsi mengubah putaran dari motor penggerak menjadi putaran roda. Sistem transmisi sepeda motor dibedakan menjadi sistem transmisi manual dan sistem transmisi Automatic. Pada sistem transmisi manual, pemindahan kecepatan putar meÅŸin dengan pemindahan gigi melalui tuas persneling, umurnnya dioperasikan dengan kaki dan ada juga dengan handle tuas yang berada di tangan. pemindahan gigi pada transmisi manual dilakukan melalui gearbox yang tersusun dari gigi-gigi dan beÅŸar yang berfungsi untuk mengecilkan atau membesarkan putaran.

Sementara itu, pada sistem transmisi automatic, pemindahan kecepatan secara otomatis menggunakan sistem transmisi continuously variable transmition (CVT). Transmisi ini menggunakan dua roda gigi yang terhubung melalui belt. Kedua roda gigi berfungsi sebagai roda gigi penggerak. Ada roda gigi yang berperan sebagai gigi pemutar dan ada yang berperan sebagai gigi yang diputar. Kedua roda gigi tersebut memiliki diameter yang bervariasi, artinya pada kondisi tertentu, roda gigi tersebut dapat mengecil maupun membesar. Sebagai ilustrasi, saat meÅŸin mati, diameter roda gigi pemutar akan mengecil sedangkan diameter roda gigi yang diputar akan membesar. Sementara itu, saat meÅŸin hidup dan RPM naik, diameter roda gigi pemutar akan membesar sedangkan diameter roda gigi yang berputar akan mengecil.

Sumber: diokses dan disorikan dori berbogoi sumber

1.          Analisislah cara kerja sistem transmisi manual.

2.          Analisis perbedaan sistem transmisi manual dengan sistem transmisi automatic.

Aktivitas ini akan melotih Anda untuk mandirj dan bernalar kritis dalam menganolisis cara kerja sistem transmisi sepeda motor.

 

Posting Komentar

0 Komentar