Fungsi Roda
- Sebagai penopang seluruh berat kendaraan, penumpang dan beban.
- Sebagai penggerak sepeda motor dari tenaga mesin yang disalurkan melalui sistem pemindah daya.
- Menyerap kejutan yang diterima dari permukaan jalan yang tidak rata.
- Sebagai bidang kontak terhadap permukaan jalan untuk mengontrol arah kendaraan dan pengereman.
Cara Mengatasi Gangguan Pada Roda
Kemudi terasa berat
Ø Mur
bantalan kepala kemudi terlalu kencang
Ø Bantalan
kepala kemudi rusak atau tidak berfungsi
Ø Tekanan
udara ban tidak cukup
Kemudi menarik ke satu arah atau tidak berjalan lurus
Ø Garpu
bengkok
Ø Poros
bengkok
Ø Roda
tidak terpasang dengan baik
Ø Bantalan
kepala kemudi tidak berfungsi
Ø Rangka
bengkok
Ø Bantalan
roda aus
Ø Komponen engsel lengan ayun aus
Roda depan bergoyang
Ø Pelek
bengkok
Ø Bantalan
roda depan aus
Ø Ban
tidak berfungsi
Ø Poros
depan tidak dikencangkan dengan baik
Roda tidak berputar dengan lancar
Ø Bantalan
roda tidak berfungsi
Ø Poros
depan bengkok
Ø Rem
seret
Ø Gear
Speedometer macet/seret
Berfungsi :
Sebagai bantalan antara hub/tromol dengan poros, sehingga
roda dpt berputar dengan lancar.
PEMERIKSAAN BANTALAN
v
Periksa kelonggaran radial maupun aksial.
v
Putar lingkaran bagian dalam pada setiap
bantalan dengan jari. Bantalan harus berputar dengan halus dan tanpa suara.
v
Juga periksa bahwa lingkaran bagian luar
bantalan terpasang kencang pada hub.
v
Lepaskan dan gantikan bantalan jika tidak dapat
berputar dengan halus dan tanpa suara, atau terpasang kendor pada hub.
PEMBONGKARAN BANTALAN RODA
Ø
Lepaskan sil debu dari hub sebelah kanan roda.
Ø
Pasang bearing remover head pada bantalan.
Ø
Dari sisi berlawanan pasang bearing remover
shaft dan dorong bantalan keluar dari hub roda.
Ø
Lepaskan collar pengantara dan dorong keluar
bantalan lain.
KUNCI PERKAKAS
Bearing remover head, 12 mm
Bearing remover shaft
PEMBONGKARAN BANTALAN RODA
Ø
Lumasi semua rongga bantalan dengan gemuk.
Ø
Dorong masuk bantalan kiri yang baru secara
tegaklurus dengan sisi yang mempunyai sil menghadap ke luar.
Ø
Pasang collar pengantara, kemudian dorong masuk
bantalan sisi kanan dengan sisi yang mempunyai sil menghadap keluar.
KUNCI PERKAKAS :
Driver
Attachment, 37x40 mm
Pilot, 12 mm
PERHATIAN !
Ø
Bantalan roda yang dibongkar/dilepas harus
diganti dengan yang baru.
Ø
Oleskan gemuk pelumas yang cocok pada bantalan
terbuka dan bersihkan sebelum pemasangan.
Ø
Posisi pemasangan yang benar adalah tanda nama
pabrik dan kode ukuran menghadap keluar.
Fungsi:
Sebagai dudukan sistim rem dan sebagai penopang roda pada
poros
Konstruksi :
Terbuat dari aluminium dan pada bagian yang kontak terhadap kanvas rem
terbuat dari besi tuang
FUNGSI JARI-JARI
v
Sebagai penghubung teromol roda dengan peleknya.
v
Sebagai penahan beban kendaraan
dan penumpang; serta meredam
getaran/ goncangan dari jalanan dalam arah yang bervariasi.
KONSTRUKSI
Jari-jari
dipasangkan pada hub/tromol dan rim dengan pola anyaman tertentu dan dibedakan
menjadi :
Jari-jari Luar :
v
Mempunyai kebengkokan kurang dari 90º
v
Mempunyai jarak antara kepala dengan kebengkokan
lebih panjang.
v
Terletak di luar dan pemasangannya searah
putaran jarum jam
Jari-jari dalam
v
Mempunyai kebengkokan lebih dari 90º
v
Mempunyai jarak antara kepala dengan kebengkokan
lebih pendek.
v
Terletak di luar dan pemasangannya berlawanan
arah putaran jarum jam.
Pola anyaman jari-jari:
1. Jenis rem tromol = 4H.3R
4
lubang pada Hub. 3 lubang pada Rim.
2. Jenis rem cakram
= 6H.3R
6
lubang pada Hub. 3 lubang pada Ring.
Khusus urrtuk SMH tipe NSR 150R Pola Anyaman :
Roda depan =
4H.3R
Roda belakang = 6H.3R
FUNGSI :
Tempat pemasangan ban, baik ban luar maupun ban dalam.
Pemeriksaan Pelek
v
Periksa keolengan pelek dengan meletakkan roda
pada alat pemegang roda.
v
Putar roda dengan tangan, dan baca keolengan
dengan menggunakan indikator pengukur.
v
Keolengan yang sebenarnya adalah 1/2 dari
pembacaan total pada indikator.
BATAS SERVIS :
Radial : 2,0 mm
Aksial : 2,0 mm











0 Komentar