Suspensi depan
Suspensi depan sepeda motor yang menggunakan jenis suspensi teleskopik harus memperhatikan bagian-bagian yang mudah rusak, seperti pada bagian Cylinder. Bagian ini dilapisi dengan chrom agar dirawat secara berkala agar tidak terjadi baret pada permukaan sisi tabung, agar tidak merusak sil oil dan sil debu dari tabung shocl. Pada bagian bawah dari suspensi ini yaitu cylider, pada bagian ini terdapat sil debu dan sil shock. Untuk meminimalkan kerusakan pada bagian sil, perawatannya sangat mudah yaitu dengan menghindari benturan yang keras dari permukaan jalan.
Perawatan dari suspensi depan sepeda motor yaitu dengan memastikan tidak ada debu atau kotoran yang menempel pada bagian tabung garpu suspensi.
Suspensi belakang
Untuk memastikan umur pemakaian suspense belakang
sepeda motor, lakukanlah perawatan secara berkala poros (as), bersikan dari debu
atau kotoran, periksa sil shock atas dan bawah, kalua sudah goyang harus
diganti dengan yang baru. Apabila tidak segera dilakukan penggantian akan
mengakibatkan sistem hidrolik didalamnya menjadi bocor. Lakukan perawatan baut suspensi
agar terhindar dari korosif. Apabila baut mengalami korosf, maka dapat
mengurangi kineja dari suspensi.
GEJALA KERUSAKAN
Gejala Kerusakan : Suspensi terlalu lembut dan terdapat
suara.
Kemungkinan Penyebab dan Langkah Perbaikan :
•
Kekentalan
minyak pelumas suspensi terlalu encer. Gantilah minyak pelumas suspensi sesuai
tandard.
•
Kapasitas
oli shock suspensi terlalu sedikit, maka tambahkan sesuai ukuran
•
Pegas
garpu suspensi lemah. Gantilah pegas garpu suspensi jika lemah.
Gejala Kerusakan : Suspensi terasa keras.
Kemungkinan Penyebab dan Langkah Perbaikan :
•
Garpu suspensi bengkok. Perbaiki/pres garpu
suspensi jika perlu gantilah.
•
Kekentalan
minyak pelumas suspensi terlalu kental. Gantilah minyak suspensi sesuai dengan
standard.
•
Kapasitas
minyak pelumas garpu terlalu banyak. Kurangi minyak pelumas garpu suspensi.

0 Komentar