Cara Membuat Tutorial Berlangganan

Subscribe via Email

Service Roda Depan Sepeda Motor

  Roda merupakan bagian dari sasis sepeda motor yang mempunyai bagian-bagian utama :

    a. Tromol

    b. Jari-jari

    c. Lingkar

    d. Ban


apabila roda mengalami gangguan, maka akan membuat laju kenderaan tidak seimbang yang bisa membuat ketidak nyamanan bagi si pengendara, bahkan dapat mengakibatkan akselerasi pada tikungan tidak normal dan dapat mengakibatkan kecelakaan. Penyebab putaran roda tidak normal adalah :

        1. Pemasangan ban terhadap velg (lingkar) tidak sejajar dengan garis tepi ban

        2. Pemasangan ban dalam terpuntir

        3. Pemasangan ban luar tidak sesuai panah arah ban

        4. Baut dan mur as roda tidak terkunci sesuai torsi yang di izinkan.

        5. Karet bagian dalam tromol rusak

        6. Tromol sudah aus

        7. Tekanan angin ban kurang

        8. Ban dalam bergelembung akibat temperatur tidak merata saat di tempel

        9. Ban luar sudah sobek, sehingga ban dalamnya keluar

        10. TWI ban sudah melampaui batas yang di izinkan

        11. Poros roda bengkok

Disaat penggantian atau pemasangan ban harus memperhatikan kode ban agar tidak terjadi kesalahan yang membuat kerugian bagi sipengendara. Penggantian ban dalam yang menggunakan cungkilan ban, agar lebih hati-hati, agar ban dalam tidak ikut tercungkil yang membuat ban tersebut bocor. Alat yang digunkan untuk membuka dan mesangng ban adalah cungkilan ban untuk membuka ban, kunci pas untuk membuka mur pentil, dan pembuka pembuka pentil.

Tujuan dari membongkar ban adalah untuk mengganti ban dalam atau ban luar karen sudah aus dan bocor, dan wajib diganti dengan yang baru. Pada saat menempel ban dalam yang bocor, roda tidak perlu dibongkar, cukup hanya dibuka pada bagian  ban luar dengan cara di cungkil, setelah itu ban dalamnya di keluarkan.

1. RODA DEPAN

b. .   Membongkar roda depan

        1.       Naikkan roda depan lepas dari tanah dengan menempatkan sebuah balok kayu atau pengganjal di 

               bawah mesin.

            


        2.        Lepaskan sekerup kabel speedometer dan kabel speedometernya.

        3.       Lepaskan pin pengaman dan mur poros.

        4.       Keluarkan poros depan dan roda depan.

        5.       Pembongkaran dilakukan tanpa merusak komponen

        6.       Buka dan lepaskan mur poros kemudian, lepaskan roda depan.

        7.       Jangan tekan handel rem depan setelah roda depan dilepaskan

        8.       karena akan menyebabkan piston kaliper akan bergerak keluar dan sulit dipasang kembali.

        9.       Keluarkan collar samping dan sil debu dari hub roda depan.

        10.   Lepaskan rumah roda gigi penggerak speedometer, sil oli dan penahan.

        11.   Lepaskan kelima mur dan cakram rem dari sisi kiri hub roda.      

         12.   Lepaskan kelima mur dan cakram rem dari sisi kanan hub roda.

13.   Pada waktu membongkar, hati-hatilah jangan sampai oli atau gemuknya mengenai permukaan-permukaan sepatu remnya atau permukaan bagian dalam dari pada drum remnya.

    c.   Pemeriksaan

        1)      Tempatakan poros roda  pada blok V dan ukur kebengkokan poros menggunakan Dial Gauge

        2)      Letakkan roda pada penyetel pelek.

        3)      Putar roda dengan tangan ukur keolengan pelek menggunakan meter pengukur.

        4)      Keolengan sebenarnya adalah setengah dari pembacaan total indikator.

        5)      Setel ulang jari-jari roda untuk memperbaiki keolengan pelek.

        6)      Bantalan roda harus diganti secara brpasangan.

            


        7)      Periksa keolengan pelek dengan menggunakan alat mistar ingsut atau dial indikator

        8)      Periksa bantalan roda.

        9)      Putar bagian dalam dari masing-masing bantalan dengan menggunakan jari tangan.

     10)  Putaran bantalan harus halus dan tanpa suara berisik, pasang bantalan t dengan erat pada roda,     keluarkan dan ganti bantalan jika tidak dapat berputar dengan halus dan tanpa menimbulkan suara yang disebabkan pemasangan longgar pada roda.

    11)  Lepaskan dan ganti dengan bantalan baru jika cincin-cincin tidak berputar dengan halus, dan ada suara berisik atau jika letaknya dalam keadaan longgar pada hub.

       d.   Mengganti bantalan

            1.       Gunakan alat pemasang bantalan pada bantalan.

            2.       Dari sisi berlawanan dorong keluar bantalan dari hub roda.

           3.       Periksa keolengan pelek roda dengan meletakkan roda pada alat penyetel keolengan pelek, putar             roda dengan tangan dan baca penyimpangan dengan menggunakan dial indikator .

          4.       Periksa jari-jari pelek dari keolengan dengan cara memukul pelan, menggunakan obeng. Jika     

             jari-jari yang dipukul mengeluarkan suara  yang nyaring, maka harus di setel dengan menggunakan         alat spok wrench. 

            


            1.       e.  Memasang roda depan

1)         Lumasi bantalan roda depan dengan gemuk.

2)         Dorong bantalan kiri ke dalam.

3)         Pasang bosdan dorong bantalan kanan ke dalam.

4)         Posisi bantalan tidak miring sewaktu di dorong masuk.

5)         Sisi bantalan tertuptup menghadap keluar saat di pasang.

6)         Bagian dalam tromol rem jangan terkena gemuk.

7)         Lumasi bagian dalam sil debu, pasang sil debu dan collar.

8)         Rakit panel rem pada tromol rem.

9)         Pasang poros roda dari sebelah kanan ke dalam roda.

10)     Posisikan alur pada panel rem dengan tonjolan pada garpu depan kanan.

11)     Cakram rem tidak boleh terkena gemuk karena daya pengereman akan berkurang dengan sangat cepat.

12)     Tanda keseimbangan ban (sebelah tanda titik dengan cat pada sisi ban) harus ditempatkan berdampingan dengan ventil ban dan pasang ban dengan tanda panah menghadap ke arah perputaran.

13)     Kemudian masukkan bantalan kanan ke dalam hub sampai duduk pada tempatnya.

14)     Pasang collar perantara, lalu masukkan bantalan kiri roda ke dalam hub menggunakan kunci perkakas yang sama.

15)     Pasang  cakram rem pada hub dengan tanda ketebalan minimum menghadap ke luar.

16)     Kencangkan baut-baut pemasangan cakram rem sesuai torsi yang telah ditentukan.

17)     Lumasi sil debu kanan dengan gemuk dan pasang sil debu pada hub roda.

18)     Pasang collar samping kanan.

19)     Lumasi rumah  roda gigi speedometer dengan gemuk dan pasang roda gigi penggerak.

20)     Lumasi penahan roda gigi speedometer dengan gemuk.

21)     Lumasi  sil debu kiri dengan gemuk dan pasang sil debu pada hub roda.

22)     Rakit rumah roda gigi speedometer pada hub roda, dengan benar.

23)     Bersihkan dengan kain bersih bagian cakram rem dan bersihkan dengan zat pembersih gemuk berkualitas tinggi.

24)     Pasang roda depan di tengah garpu depan kemudian dikencangan mur pengunci roda.

25)     Pasang kaliper rem depan

26)     kencangkan mur poros sesuai torsi pengecangan yang ditentukan.

Posting Komentar

0 Komentar